Selasa, 21 September 2010

Pengaruh electrik dan Engkol Starter dengan Penjualan

Thunder 125 awal, tidak pakai engkol starter
Di awal kemunculan Thunder 125, sempat menimbulkan kontroversi. Yaitu absennya starter engkol, dan hanya mengandalkan electrik starter saja. Nah, apa sih pengaruh starter engkol? Memang penjualan Thunder pernah melebihi Honda Megapro, tetapi setelah ditambah fitur starter engkol. 
Byson versi Indonesia sudah pake Starter Engkol


 Nah, kasus lain adalah pada Yamaha Byson yang mau nongol sebentar lagi. Di India, Byson(FZ-16) hanya mengandalkan elektrik starter. Mungkin YMKI tidak mau ambil resiko, akhirnya ditambahkan engkol starter pada Byson versi Indonesia. 

Pulsar UG IV, engkol starter absen
Nah, klo Bajaj kebalik. Untuk Pulsar 180 UG III kebawah pake Starter engkol + electrik starter. Tetapi pada Pulsar UG IV dan Pulsar 200, engkol starter sudah absen..
Memang starter engkol jarang digunakan, tapi kebanyakan berpikir "kalau akinya tekor  terus gak pakai engkol starter gmana menghidupkannya? masak kaya balap, didorong dulu?". Memang aneh, tapi angka penjualan berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar